Halaman

Meninggalkan Anak Istri untuk Perjuangan Agama

Dari Ummu Sulaiman ra., bahwa Nabi SAW. berkata kepadanya, “Bersabarlah engkau! Demi Allah! Sejak tujuh hari ini keluarga Rasulullah SAW. tidak mempunyai sesuatu pun untuk di makan, dan sudah tiga hari api tidak di nyalakan di bawah panci mereka. Demi Allah! Seandainya aku meminta kepada Allah agar bukit-bukit Tihamah dijadikan emas, pastilah Allah akan mengabulkannya.”

Dengan riwayat-riwayat ini, apakah dapat dikatakan bahwa Rasulullah SAW. telah sengaja menzhalimi keluarganya, karena sibuk dalam berdakwah sehingga menyebabkan keluarga beliau sendiri kelaparan hingga berbulan-bulan? Naudzubillah min dzalik!

Anak dan istri berpisah sementara untuk kepentingan agama tidak hanya dilakukan oleh Rasulullah SAW, sebagian istri-istri nabi pun mengalaminya. Misalnya, Siti Hajar istri Ibrahim as. yang ditinggalkan sendirian hanya bersama bayinya di tengah gurun pasir gersang tanpa ada perbekalan yang mencukupi, semata-mata demi membantu tugas dakwah dan perjuangan agama suaminya.

“(Ibrahim berkata), Ya Rabb kami, sesungguhnya aku telah menempatkan sebagian dari keturunanku di lembah yang tidak bertumbuh-tumbuhan di dekat rumah-Mu yang dihormati.” (QS. Ibrahim 37)

Ibrahim as. tidak meninggalkan keluarganya untuk tiga hari, empat puluh hari atau empat puluh bulan, tetapi beliau telah meninggalkan keluarganya 13 tahun!
Dan ternyata, setelah diuji dengan harus meninggalkan anak dan istrinya selama bertahun-tahun, demi menunaikan tugas dakwah dan menyeru manusia kepada agama, justru lahir dari keturunan Ibrahim as., nabi-nabi dan rasul-rasul Allah. Apakah kita akan katakan bahwa Ibrahim as. adalah lelaki yang tidak bertanggung jawab terhadap keluarganya dan menyia-nyiakannya?
Bagitu juga istri Nabi Musa as. yang ditinggalkan oleh Musa as. sendirian di tengah hutan untuk berdakwah kepada Firaun.

Allah SWT berfirman, “Ketika ia (Musa as.) melihat api, lalu ia berkatalah kepada keluarganya, “Tinggallah kamu (di sini), sesungguhnya aku melihat api. Semoga aku dapat membawa sedikit dengannya kepadamu atau aku akan mendapat petunjuk.” (QS. Thaahaa 10) 

Pada ayat selanjutnya Musa as. diperintah, “Pergilah kepada Firaun sesungguhnya ia telah melampaui batas.”
Lalu apakah Nabi Musa as. juga di tuduh telah menzhalimi keluarganya dan menyia-nyiakannya, karena telah meninggalkan istrinya di tengah hutan belantara semata-mata karena ia telah diperintahkan untuk berdakwah kepada Firaun selama 40 hari ?

Selain para Anbiya, keluarga para sahabat ra. juga telah berbuat demikian, sebagaimana banyak tertulis di dalam kitab-kitab, salah satu misalnya, adalah kisah hijrahnya Abu Bakkar ra. ke Madinah.

Asma binti Abu Bakar ra. meriwayatkan, “Ketika Rasulullah saw. keluar untuk hijrah, Abu Bakar ra. pun ikut keluar berhijrah bersama beliau. Abu Bakar membawa seluruh hartanya sebanyak 5000 atau 6000 dirham. Dia pun pergi dengan membawa seluruhnya. Kemudian datanglah kakek kami; yaitu Abu Quhafah ra.. Ia berkata, “Demi Allah, Abu Bakar itu pasti telah menyusahkan kalian dengan harta dan dirinya.” Aku berkata, “Sama sekali tidak! Wahai kakek, sesungguhnya ia telah meninggalkan banyak harta.” Maka aku ambil kerikil-kerikil dan kuletakkan di tempat yang biasa ayahku menyimpan hartanya di lubang di rumahnya. Lalu kututup dengan kain, dan kutuntun tangan kakekku, dan berkata, “Ulurkan tanganmu ke sini, kek. “Dia berkata, “Kalau begini tidak masalah. Sungguh dia telah meninggalkan ini untuk kalian. Dia sudah berbuat baik.”

Umar bin Khattab ra. berkata, Rasulullah SAW. menyuruh kami bersedekah. Ini bertepatan dengan harta yang ada padaku. Aku berkata, “Jika suatu hari aku akan menang di atasnya.” Lalu aku datang dengan setengah hartaku, lalu Rasulullah SAW. bertanya, “Sepertiga.” Lalu datang Abu Bakar ra. membawa seluruh harta yang ada padanya. Maka Rasulullah SAW. bertanya, “Wahai Abu Bakar, apa yang kamu tinggalkan untuk ahli keluargamu?” Abu Bakar menjawab, “Aku tinggalkan untuk mereka Allah dan Rasul-Nya.” Berkata Umar, “Aku memang tidak akan menang di atas Abu Bakar sedikit pun selamanya.”

Apakah Abu Bakar ra. divonis oleh Nabi SAW.  sebagai suami dan ayah yang dzhalim kepada keluarganya, karena ia tidak meninggalkan apapun bagi keluarganya ketika berhijrah bersama Rasulullah SAW.? Bahkan justru Rasulullah SAW. Tidak mengingkari pengorbanan Abu Bakar As-Shiddiq ra. Yang menyerahkan seluruh hartanya karena beliau mengetahui kebenaran niatnya.

Tindakan Abu Bakar ra. Tidaklah menyalahi firman Allah Al-Baqarah, ayat; 219, (Allah SWT berfirman, “Dan mereka bertanya kepadamu apa yang mereka nafkahkan. Katakanlah: " Yang lebih dari keperluan." Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepadamu supaya kamu berfikir,”) karena Allah mengakui pengorbanan yang dilakukan oleh seseorang demi agama dan umat.

Juga seperti sahabat Anas bin Malik ra. Ia memiliki anak yang sulit di hitung karena banyaknya. Ia pernah berkata, “Cucu-cucuku itu mempunyai hitungan tersendiri. Tetapi aku sendiri telah menguburkan 125 anak dari keturunanku. Selain itu, yang masih hidup pun banyak sekali.” Walaupun demikian banyak tanggung jawab keluarga, terhadap istri dan anak-anaknya, ia terkenal sebagai sahabat yang banyak meriwayatkan hadist dan sering menyertai jihad fisabilillah.

Demikian juga, Zubair bin Awwam ra. yang pada waktu mati syahidnya, ia meninggalkan sembilan orang anak laki-laki, sembilan anak perempuan, dan empat orang istri. Bahkan ada sebagian  dari cucunya yang lebih tua daripada anak-anaknya sendiri.

Meskipun demikian, ia merupakan salah seorang sahabat yang banyak meriwayatkan hadist. Ia juga ikut serta dalam banyak peperangan. Sekalipun mempunyai banyak tanggungan keluarga, namun anak-anak dan istrinya itu tidak menghalanginya dari kesibukan memperjuangkan agama Allah.

Di dalam kisah lain, diriwayatkan Saad bin Khaitsamah ra. bercerita, “Aku tertinggal dari rombongan Rasulullah SAW. Yang ke Tabuk. Aku pun kembali ke rumah. Di sana kudapati istriku sedang menyiram rumah dengan air (agar menjadi sejuk), maka kukatakan kepada istriku, “Sungguh tidak adil kalau aku masuk rumah dan beristirahat di tempat yang teduh, sedangkan pada saat ini Rasulullah SAW. Sedang berada di tempat yang sangat panas.” Maka segera kusiapkan kantong dan bekalku. Melihat hal itu, istriku berteriak, “Abu Khaitsamah! Hendak kemana engkau?” Kujawab, “Menyusul Nabi SAW. Ke Tabuk.” Setelah itu aku keluar, dan di tengah perjalanan, aku bertemu Umar bin Wahab, lalu aku berkata kepadanya, “Sungguh kamu ini seorang pemberani. Aku ingin tahu di mana Nabi SAW berada. Dan sungguh aku merasa berdosa. Karena itu berjalanlah di belakangku agar dapat kutemui Nabi SAW. empat mata.” Umar pun berjalan mengikuti dari belakang. Ketika aku mendekati pasukan itu, maka orang-orang melihatku dari jauh dan berkata, “Ada seseorang mengendarai kuda ke arah kita!” Rasulullah SAW. berkata, “Ya Rasulullah, celaka aku!” Kemudian kuceritakan kisah perjalananku, maka Rasulullah SAW. mendoakan kebaikan untukku.”

Abu Naufal bin Abi Aqrab menceritakan, “Ketika Harits bin Hisyam akan berangkat dari Makkah menuju ke Syam, maka seluruh penduduk Makkah sangat merisaukan kepergiannya. Semua orang kecuali anak-anak yang masih menyusui mengantar kepergiannya ke luar kota Makkah. Ketika sampai di bukit Bath-ha atau dekat tempat itu, maka dia berhenti, dan orang-orang merasa bersedih, maka dia berkata, “Wahai kaumku! Demi Allah, sesungguhnya aku pergi bukan karena lebih menyayangi diriku dari pada diri kalian, juga bukan karena aku lebih memilih kota lain dari pada kota kalian. Tetapi aku pergi karena memenuhi perintah agama untuk berjihad di jalan Allah, dan hingga saat ini telah banyak kaum Quraisy yang telah mendahului aku pergi padahal mereka bukan termasuk pemuka atau pun dari keluarga yang berkedudukan tinggi. Keadaan kita sekarang ini, demi Allah! Sesungguhnya kita mengorbankan emas di jalan Allah sebanyak gunung-gunung di kota Makkah, niscaya kita tidak akan melebihi pahala satu hari mereka di jalan Allah. Demi Allah! Seandainya mereka mendahului kita di dunia, maka sekurang-kurangnya kita dapat menyamai mereka di akhirat. Sebaiknya orang yang beramal merasa takut kepada Allah dengan amalnya.” Setelah itu diapun berangkat menuju ke Syam, dan dia juga membawa kerabatnya untuk ikut serta dan ia tetap tinggal di sana hingga mati syahid, sehingga Allah merahmatinya.”

Semua kisah di atas dengan tegas menunjukkan bahwa meninggalkan keluarga untuk sementara demi kepentingan agama. Namun penerapannya bagi kita perlu dilakukan dengan sebijak dan sehikmah mungkin, sehingga maksud untuk menyebarkan agama menjadi terwujud dengan baik

18 komentar:

  1. izin copy paste ya pak mahodum... saya karkun baru 3 hari belum banyak mengetahui tentang hakikat dakwah ini.....
    disini pak httpL://www.fikir.comule.com

    BalasHapus
  2. bagaimana dengan riba? sanggupkah kebanyakan orang meninggalkannya? bukankah itu alasannya untuk kesejahteraan keluarga? inilah jihat terberat dimasa sekarang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul , orang yang tidak khuruj ( Metode gabungan antara hijrah , dakwah dan tabligh ) mereka masih terpukau dalam ke duniaan dan angan angan memiliki harta yang tak pernah puas .

      Nah , dengan alasan inilah mereka berlomba lomba mengejar dunia yang sementara .
      sehingga mereka terus terjerumus kedalam riba demi mendapatkan modal yang sedikit itu.

      Padahal ada Bank Syariah Yang Bebas Bunga ( riba bank ).

      Jadi , anda jangan banyak pertanyaan dan mencela orang yang telah berusaha untuk menjalankan dakwah !


      Berapa orang yang sudah anda islamkan ?
      Berapa penjahat ,pereman yang sudah taubat dengan usaha anda ?

      Sudah rutinkah shalat tahajjud anda tiap malam ?

      Sudah rutinkah zikir pagi petang anda ?

      Sudahkah anda berkorban dengan diri dan harta untuk agama allah ini , melalui dakwah dan jihad yang diwajibkan ?

      Berapa masjidkah yang sudah anda hidupkan ?

      Berapa orang yang sudah anda ajak kemasjid ?

      Jika tidak sama sekali !

      Berarti koreksilah diri anda dulu baru anda mengomentari orang lain.


      Hapus
    2. Tidak ada Metode dakwah yang paling ampuh didunia ini jaman sekarang.
      Yang bisa mentaubatkan : preman , orang yang menelantarkan shalat , orang yang gila keduniaan , orang yang durhaka , perampok , Menjadi taubat dan baik . Dengan waktu 3 hari

      Kecuali ikut metode jamaah tabligh tsb .

      Hapus
  3. apakah dakwah harus meninggalkan keluarga...., trus dimana tanggung jawab suami.... meninggalkan anak istri tanpa bekal yang cukup sehingga istrinya pun jadi bekerja mencari rejeki (apakah islam mengajarkan istri kita bekerja) untuk dirinya dan anak anaknya, dan suami pergi berdakwa apakah itu juga yang dijarkan Nabi Kita, bukankan menikah sama dengan mengamalkan setengah amalan agama ... trus kita lepas tanggung jawab sebagai pemimpin keluarga (bagi yang pergi berdawah tanpa bekal anak istri dengan cukup) .... mohon pencerahan

    BalasHapus
    Balasan
    1. tuan sidik dikki izinkan sy berkongsi pendapat.

      dalam konteks skrg..nk khuruj dengan mesyuarat...sebelum khuruj mmg ada di mesyuaratkan keperluan (isi borang tafakut)..brp duit nk di bawa, berapa bekalan y ditinggalkan kpd keluarga selama khuruj, cuti sudah diluluskan, org dptangungjawab utk ambil tahu hal keluarga y ditnggalkan dsb.. jika tiada wang utk keluarga maka tak diluluskan utk khuruj. bbanding para sahabat, mrk tinggalkan keluarga tanpa persediaan yg cukup, tp berkat yakin & iman y kukuh, Allah hantar rezeki dari khazanahNya dari sumber y tidak disangka2. kita baru2 nk belajar faham erti pengorbanan. wallahua'lam.

      Hapus
  4. Insya Allah keluar 40hr jor Ijtima' Kepri - Batam

    BalasHapus
  5. Mohon maaf mau bertanya...apakah kalo di lingkungan sekitar (tetangga) kita masih banyak kemunkaran dan kedzoliman apa tidak sebaiknya kita berdakwah di lingkungan sekitar dulu?
    Mengingat Islam di Indonesia adalah mayoritas....saya berkeyakinan disetiap daerah terdapat pendakwah2 dan saya rasa para pendakwah tersebutlah yg mempunyai kewajiban terlebih dahulu...bila tdk mampu baru kita bantu...jadi kalo saya lebih ke tetangga sekitar dahulu...trimakasih

    BalasHapus
  6. Semua kisah para sahabat di atas adalah keluar utk berperang di jalan Allah, selain utk itu tidak di benarkan samasekali meninggalkan anak istri, karena mereka juga punya hak atas kita sebagai suami

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar sekali.. Karena guruku pernah berkata, JANGAN PERNAH BERDEBAT DENGAN ORANG BODOH

      Hapus
  7. assalamualikum...
    dimana keyakinan kita sudah penuh hanya kepada Allah, tiada yang sulit bagi Allah... tapi sebagai ummat penerus baginda nabi... kita sekarang berbeda, seperti saya pribadi bila sudah sampai nisab untuk keluar 3 hari atau 40 hari pasti selalu ada halangan, karena syetan memang tidak ingin dakwah ini berjalan. dalam masalah ini tergantung keyakinan, bila keyakina suami mendapat dukungan dari keluarga, dari istri anak dan keluarga, insyaallah Allah akan melindungi dan menjaga istri dan anak para dai yang sedang berdakwah. tapi bil istri dn anak serta keluarga tidak mendukung dan tidak yakin akan kuasa Allah, sia sia usaha dakwah yang dilakukan suami. dalam usaha dakwah ini harus ada kebersamaan antara istri dan suami saling mendukung dan dakwah bersama. insyaallah janji Allah itu pasti. ridho yang akan suami istri dapatkan dari ALlah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anda benar , Nabiyullah saja : LUTH dan SHALEH A.s
      tidak ada dukungan Dakwah dari istrinya bahkan juga anaknya . Hasilnyapun kurang Maksimal.

      Bagaimana dengan nabiyullah Ibrahim , muhammad S.A.W , Mendapatkan dukungan penuh dari anak istrinya Sehingga dakwahnyapun Maksimal dan Menyebar Keseluruh dunia.


      MEREKA buat pengajian dibalai pengajian , dimasjid , di sosial media misalnya. Adakah Dakwah MEREKA menyebar keseluruh penjuru dunia .

      Tentu saja tidak bahkan yang ada perang sosial media ( perdebatan ).

      Itu mengapa dikarenakan dakwah MEREKA belum mengikuti tatacara rasulullah S.A.W semuanya.

      Tidak mendoakan hidayah kepada orang yang didakwah . Shalat malam MEREKA saja masih jarang bahkan kemungkinan tidak sama sekali . Bahkan akhlak MEREKApun mungkin kurang diperhatikan.

      Jadi , bagaimana mungkin bisa Allah Turunkan Hidayah , sehingga dapat mengetuk hati mereka yang di dakwahkan.

      Hapus
  8. Ajibb bang, teruslah berdakwah sampai akhir.. Doakan ana ya bang

    BalasHapus